3 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Api yang Nyaman Untuk Pemula

Bagi Anda yang baru sekali naik kereta api Ekonomi Premium, pasti merasa bingung ketika ingin memilih tempat duduk atau bangku yang nyaman.
Sebab, memilih tempat duduk berpengaruh banget pada suasana perjalanan. Terlebih lagi lagi waktu tempuh perjalanan kereta api lumayan lama, wajib hukumnya mengetahui posisi bangku yang strategis.
Supaya tidak salah memilih tempat duduk, mari disimak pembahasan berikut.


Bangku A atau D
Jika Anda ingin melihat pemandangan sekitar dari bangku kereta, atau mungin sedang pergi sendirian dan ingin bangku di sebelah jendela, maka bisa memilih bangku yang bertuliskan huruf D atau huruf A. Kedua bangku ini terletak di sebelah jendela. yaa… meskipun tidak senyaman kursi tamu yang anda punya dirumah, tapi dengan pemilihan kursi tamu yang seperti ini anda akan bisa bepergian lebih nyaman dari yang biasanya.


Sementara itu, bangku yang berhuruf B dan C merupakan bangku di posisi lorong kereta atau aisle. Supaya tidak kehabisan bangku di dekat jendela, sangat dianjurkan membel tiket sejak jauh-jauh hari. Mengingat tempat duduk A dan D selalu menjadi incaran banyak penumpang.

Hindari Kursi Menghadap Belakang
Bagi orang-orang yang mudah mabok ketika perjalanan, kursi menghadap belakang paling dihindari. Anda bisa membayangkan bagaimana rasanya sepanjang perjalanan harus menghadap ke arah berlanan dari lajunya kereta.
Jika belum terbiasa, Anda berpotensi merasakan pusing sepanjang perjalanan.
Tips penting buat dipahami, untuk kereta berangkat dari Jakarta (dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir) sebaiknya memilih bangku nomor tengah sampai nomor akhir. Kursi yang menghadap ke depan biasanya nomor urut 12-19.


Begitupun sebaliknya, ketika Anda membeli tiket dari stasiun mana saja yang menuju Jakarta, sebaiknya memilih tempat duduk atau kursi dengan nomor kecil, yaitu nomor 1-12. Nomor ini posisinya menghadap ke jalannya kereta.
Mengingat setiap kereta memiliki template berbeda, sehingga nomor tengahnya tidak pasti. Ada yang 10 dan 11, bukannya 11 dan 12. Supaya lebih aman, sebaiknya memilih nomor yang bukan nomor tengah.

Jangan Pilih Kursi Tengah
Kursi yang posisinya berada di tengah gerbong sebaiknya dihindari, karena menjadi pertemuan antara bangku menghadap belakang dan bangku menghadap ke depan. Sehingga, penumpang di kursi tengah akan bertatapan dengan penumpang lain.
Sangat tidak recomended jika Anda sedang bepergian sendirian, sebab kaki bakalan saling tabrakan dengan penumpang yang ada di depan. Kesannya itu lebih sempit.

Demikianlah 3 tips memilih kursi kereta api yang nyaman buat pemula, untuk itulah anda bisa memiliki pengalaman untuk memilih mana yang sesuai dengan anda. semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *