Mass Effect Action RPG Istimewa

Role-playing merupakan salah satu genre game yang sebenarnya sudah mendarah daging pada platform PC. Keterbatasan pada spesifikasi PC pada saat itu tidak membatasi orang-orang untuk memainkan sebuah game berkualitas. Role-playing sendiri sebenarnya terbagi dalam dua poros, yaitu Barat dan Jepang. RPG Barat menjadi salah satu game yang sangat populer saat era PC masih menjadi sebuah perangkat yang luar biasa mahal. Pada edisi Februari 2014, pernah memaparkan secara terperinci karakteristik masing-masing poros.

kali ini ingin menjelaskan salah satu franchise game role-playing yang cukup terkenal, tidak hanya dari teknik permainannya, tetapi juga dari konsep dual-genre yang ditawarkan. Game ini adalah Mass Effect yang saat ini berada di bawah payung Electronic Arts. Apakah yang menjadi karakteristik dan keistimewaan dari Mass Effect? Sebagian gamer PC mungkin sudah mengenal franchise ini. Mass Effect adalah game role-playing garapan BioWare yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Bagi yang belum mengetahui, BioWare adalah studio game yang menjadi pionir dalam industri RPG. Sebelum Mass Effect, mereka telah merilis beberapa game RPG fenomenal, seperti Baldur’s Gate (1998), Neverwinter Nights (2002), Star Wars: Knights of The Old Republic (2003), dan Jade Empire (2005). Dari ketiga game tersebut, tidak ada satu pun yang mendapatkan skor mengecewakan. Mass Effect menjadi game berikutnya yang digarap cukup ambisius.

Terus mendapatkan pengembangan, game ini menjadi franchise dengan seri terbanyak milik BioWare selain Dragon Age. Sampai tulisan ini dibuat, Mass Effect setidaknya telah memiliki tiga judul utama yang menggunakan penamaan berdasarkan urutan nomor, yaitu Mass Effect, Mass Effect 2, dan Mass Effect 3. Pihak developer juga tidak lupa untuk memberikan beberapa konten tambahan di setiap serinya. Konten tambahan atau DLC (Downloadable Content) ini biasanya memperluas jalan cerita dengan menyediakan chapter baru yang membawa pemain menulusuri alur cerita setelah misi utama sudah habis. ukuran data DLC ini mungkin tidak besar, tetapi masih bisa mengajak pemainnya untuk membongkar misteri yang belum terpecahkan di chapter-chapter sebelumnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *