Apa Itu GMATGMAT adalah singkatan dari Graduate Management Admission Test yang diselenggarakan oleh GMAC (GRaduate Management Admission Council). Tes berlangsung 1 setengah jam dan diperuntukkan siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan MBA (Master in Business Administration) alias S2 Manajemen Bisnis di luar negeri.

Apakah kamu salah satunya? Jika iya, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mengenali tes GMAT secara keseluruhan baik struktur dan juga cara penilaiannya. Baru setelah itu kamu bisa mempersiapkan diri dengan tepat dan mengetahui mana saja sesi tes yang masih jadi kelemahan. Jadi, sudah siapkah kamu mengikuti tes ini?

Apa Itu GMAT?

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa GMAT adalah singkatan dari Graduate Management Admission Test dimana tes GMAT diselenggarakan menggunakan komputer dimana tes ini juga merupakan GMAT CAT (Computer Adaptive Test. Artinya soal akan berubah-ubah tergantung dengan kemampuanmu menjawab soal pertama.

So, kamu gak akan bisa mencontek peserta lainnya karena sudah pasti soalnya akan berbeda. Tingkat kesulitan pun akan meningkat jika jawaban soal pertama dan selanjutnya kamu benar terus menerus.

4 Sesi Tes GMAT

Ada empat sesi tes yang akan kamu kerjakan yaitu sebagai berikut :

1. Analytical Writing

Tes ini dikerjakan dalam waktu 30 menit dan tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan dalam menganalisa sebuah argumentasi. Jumlah soalnya adalah satu tapi untuk jawabannya kamu harus menjelaskan dengan detail menggunakan grammar dan kosakata yang luas. Skor yang diberikan adalah antara 0-6.

2. Integrated Reasoning

Sesi ini dikerjakan dalam waktu 30 menit dan terdiri dari 12 pertanyaan. Bentuk soalnya adalah grafik, tabel, analisis dan sejenisnya. Kamu harus menjawab pertanyaan ini dengan penjabaran. Jumlah skor yang diberikan adalah 1-8.m

3. Quantitative Reasoning

Sesi tes ini dikerjakan selama 62 menit dengan jumlah soalnya adalah 31. Tujuan dari tes ini adalah mengetes kemampuan dalam memecahkan suatu masalah berdasarkan data-data yang telah disajikan. Skor yang akan diberikan dalam sesi ini adalah 6-51.

4. Verbal Reasoning

Pada sesi ini waktu yang diberikan adalah 65 menit dengan jumlah soal 36. Bentuk sial adalah bacaan dan kemampuan yang diukur adalah kemampuan membaca, mengoreksi kalimat dan berpikir secara kritis. Skor yang diberikan pada sesi ini adalah 5-51.

Empat sesi ini bisa dikerjakan dengan urutan yang berbeda-beda, kamu hanya perlu memilih jadwal tes dengan urutan yang diinginkan. Jadi persiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum tes.

Tips Mempersiapkan Tes GMAT dengan Maksimal

gmat test

Persiapan bisa dilakukan kapan saja, tapi akan lebih baik jika kamu melakukannya beberapa bulan sebelum tes dimulai. Minimal waktu belajar yang pas adalah empat atau tiga bulan.

Hasil belajar maksimal akan lebih baik jika dipelajari melalui kelas kursus. Karena kamu nantinya akan belajar dengan para pakar atau ahli yang terbiasa dengan soal tes.

Di tempat kursus kamu juga akan mendapatkan materi soal GMAT yang sering keluar. Jadi tak perlu kesulitan mencari materi belajar sendiri. Berikut ini tips belajar yang bisa kamu ikuti selama persiapan:

1. Review hasil latihan

Selama kursus kamu akan mendapatkan latihan tes. Review hasil tes sehingga kamu mengenali sesi tes mana dulu yang harus dipelajari. Jika kamu memiliki kelemahan pada skor quantitative reasoning maka dalami materi soal pada sesi tersebut.

2. Buatlah target skor yang spesifik

Pada awal belajar kamu harus membuat target skor yang ingin dicapai secara logis. Target ini bisa didiskusikan dengan pengajar di tempat kursus sehingga kamu bisa mencapainya dengan mudah. Target ini nantinya akan menentukan strategi belajar seperti apa yang harus diterapkan.

3. Buatlah jadwal belajar

Terakhir adalah membuat jadwal belajar sendiri. Kamu akan belajar di tempat kursus, tapi itu saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan belajar di rumah. Oleh karena itu buatlah jadwal belajar di luar kelas yang akan memotivasi kamu terus bersemangat. Jadwal juga harus realistis, misalnya tidak dua jam penuh, tapi bisa belajar selama 30 menit pada sore dan malam hari.

Sudah sangat jelas bukan pengertian dari tes GMAT hingga bagaimana cara kamu mempersiapkannya? Yuk dari sekarang kamu harus membuat jadwal belajar yang tepat.

Sekianlah pembahasan mengenai apa itu GMAT dan untuk mendapatkan hasil skor yang maksimal tak ada salahnya Kamu mengikuti kelas kursus GMAT di Surabaya maupun di daerah lainnya yang nantinya akan mampu membuat Kamu lulus saat mengikuti tes GMAT, selamat belajar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *