Feature Cross-Save

BioWare ingin menjadikan Mass Effect sebagai sebuah game yang selalu dinantikan setiap tahunnya. Setiap waktu, pasti banyak gamer yang baru mengenal franchise ini. Seringkali mereka tidak paham dengan cerita yang disajikan pada sebuah sekuel, tetapi juga enggan untuk mencoba seri sebelumnya. Alasannya sangat sederhana, karena seri pendahulunya sudah ketinggalan zaman dari segi grafis. Untuk membuat mereka penasaran, BioWare menanamkan feature cross-save.

Feature yang dimaksud berbeda dengan feature sejenis milik Sony (menggunakan satu data save permainan platform yang berbeda). Dalam Mass Effect, gamer dapat menyimpan data permainan setelah menyelesaikan salah satu seri, kemudian menggunakannya untuk memainkan seri berikutnya. Misalnya saja, Anda telah menyelesaikan misi utama pada Mass Effect, Anda dapat menggunakan data permainan itu pada Mass Effect 2. Ya, jalan permainan pada Mass Effect 2 nantinya disesuaikan dengan segala keputusan dan langkah yang Anda ambil pada Mass Effect. Begitupun setelah menyelesaikan Mass Effect 2, Anda dapat meneruskan data permainan pada seri ketiganya.

Sistem Pertarungan ala Action

Role-playing game biasanya tidak bisa dipisahkan dengan sistem pertarungan (acombat system). Pemain akan dihadapkan pada ruang pertarungan yang berisi beberapa karakter. Pergerakkan setiap karakter sangat terbatas dan bergantung pada perintah pemain. Mass Effect menggunakan cara yang berbeda. Pemain masih bisa menggerakkan karakter layaknya game action. Penerapan konsep dual genre membuat sistem pertarungan yang dimiliki lebih dinamis dan menegangkan.

Pasalnya, karakter dengan level yang rendah masih memiliki kesempatan yang besar untuk mengalahkan musuh dengan level yang jauh lebih tinggi. Ketika pemain ingin merasakan suasana pertarungan ala game RPG, Mass Effect memanfaatkan fungsi spacebar. Saat ditekan, pertempuran akan berhenti sejenak, memberikan waktu kepada pemain untuk menerapkan strategi kepada karakter. Strategi ini biasanya terdiri dari perintah untuk bergerak ke tempat lain atau memerintahkan karakter untuk menggunakan skill khusus.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *