Tentukan Lokasi Hunian

Siapkan tim arsitek/desainer interior/kontraktor untuk mendesain rumah kontainer Anda, mulai dari penempatan plumbing, instalasi listrik, dan kabel

Temukan Kontainer

Beli kontainer yang mewakili desain hunian Anda. Kebanyakan kontainer dijual langsung oleh distributor kontainer. Anda juga bisa menggunakan jasa kontraktor kontainer untuk membangun hunian Anda. Pilihkan ukuran yang Anda butuhkan.

Bangun Struktur

Kontainer akan lebih stabil bila dibangun di atas lahan yang datar. Sehingga, alas kontainer harus diberi fondasi berupa cor beton.

Buat Jendela, Pintu, Dan Skylight

Jendela dan skylight adalah bagian penting dalam rumah kontainer, karena Anda butuh asupan udara dan cahaya alami. Konsultasikan dengan kontraktor atau arsitek Anda mengenai posisi terbaik untuk menempatkan elemen-elemen ini, agar tak merusak tampilan dan struktur kontainer.

Buat Ruang

Seperti halnya rumah dari material beton, rumah kontainer pun memiliki beberapa ruang. Bangun ruang yang anda perlukan. Cara praktis untuk membagi ruang dengan menggunakan penyekat dari dinding gipsum.

Periksa Kembali

Cek kembali kekuatan dan struktur rumah kontainer Anda. Pastikan jalur kabel terbungkus rapi agar tak menimbulkan dampak tersetrum pada penggunanya. Karena, besi merupakan bahan yang mudah mengantarkan listrik.

Spesifikasi Kontainer Di Pasaran

Satu kontainer ukuran 6m x 2,4m x 2,56m memiliki berat 2 ton, sedangkan 1 kontainer ukuran 12m x 2,4m x 2,56m memiliki berat 4 ton. Masing-masing kontainer dapat menahan beban 28 ton, setara dengan 450 orang dengan berat rata-rata 62kg yang berdiri dalam 1 ruang kontainer. Jadi, tidak masalah apabila kontainer ingin dibuat dengan dua lantai atau bahkan 3.

Perawatan Kontainer

Supaya kontainer berumur panjang, Anda harus melapisinya dengan cat dasar jenis epoxy atau cat primer pada bodi kontainer. Cat ini berfungsi untuk melindungi besi dari proses oksidasi yang akan menimbulkan karat dan bersifat tahan air. Anda pun bisa menggunakan cat ini sebagai perawatan saat kontainer mengalami karat. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang berkarat, kemudian lapisi dengan cat primer lalu lapisi kembali dengan cat khusus besi. Bila Anda menginginkan kontainer tampak nyeni, Anda bisa lukis bodi kontainer dengan teknik mural.

Yang Harus Diperhatikan

Saat ingin menggunakan kontainer sebagai hunian, cek beberapa hal berikut, agar rumah kontainer Anda aman dan nyaman saat ditinggali. 1. Jalur instalasi listrik 2. Ukuran sesuai kebutuhan 3. Sirkulasi udara 4. Jalur plumbing 5. Insulator 6. Cat primer 7. Ukuran furnitur 8. Pencahayaan

Tak lupa juga untuk menambahkan sebuah gense sebagai sumber listrik portable dan alternatif. Untuk harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor Jual Genset Bali yang memberikan harga diskon serta garansi resmi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *